Jurusan Teknik Informatika? Tidak susah dan mematikan Kok

12 comments
Jurusan Teknik Informatika? Tidak susah dan mematikan Kok
Jurusan Teknik Informatika? Tidak susah dan mematikan Kok - Jurusan Teknik Informatika tetet tetet. haha. Mungkin bagi Kamu orang awam atau orang yang baru mengenal IT tidak tahu jurusan ini bukan? Yap, jurusan ini bukan hanya dikenal dengan "Killer of sience and Kill your Brain" kata Andri Nugroho hehe .Bagaimana tidak? didalam jurusan teknik informatika ini, Kamu akan menemukan sebuah nama pelajaran yang HOT dan Mewah. Aljabar, Kalkulus, Diskrit, Boolean, Statistik dan Nama yang belum Kamu kenal bagi orang yang belum tahu ini jurusan. HEehe. Kalau Saya jujur saja paling suka sama matematika tapi ya karena kendala kurang bisa mengingat akhirnya kesukaan Saya hanya sekedar suka. Tapi, kalau kalian suka Logika maka Jurusan ini tidak akan mematikan otak dan ilmu Kamu kok. Menurut Saya banyak misteri yang harus dipecahkan dan dijadikan sebuah tantangan. Baca nih berikut ini tips dan detail tentang Jurusan Informatika.

Pelajaran Jurusan Informatika

Tahu tidak apa saja pelajaran yang ada di jurusan ini? Sampai sekarang, Saya sudah semester 5 di kampus swasta daerah bandung yang nama kampusnya tidak Saya sebutkan. Dan pelajarannya pun masih sangat lah menantang. Bukan menakutkan ya, tapi menantang. HOT . Nah, Pelajarannya Kamu akan menghadapi matematika yang sudah disebutkan diatas dan bahasa pemograman. Masih ada sih pelajaran pendukung yang lain. Seperti agama, bahasa indonesia, english leasson dll. Tapi menurut Saya yang harus diasah cuma 3 pelajaran. Apa saja? Berikut Pelajaran yang harus Kamu tekuni bila mau sukses di Teknik Informatika :

1. ALGORITHMA PEMOGRAMAN 

Baru dengar ? yang sudah dengar pasti akan bilang, yes that is !. haha. Yap, algorithma di teknik informatika adalah dasar dari segala bahasa pemograman. Jika sudah pusing disini, jangan menyerah ! Ganbate ! Karena mending susah disini dari pada nanti tidak bisa apa apa. Algorithma pemograman bukanlah pelajaran yang sulit, melainkan hanya untuk mengasah logika Kamu agar tidak bingung nantinya. Saya beri contoh :
Bahasa Sehari hari :
Saya adalah Andri, jika Saya tidak bisa pemograman Saya adalah Perempuan. Laki laki adalah Kelamin jenis Saya.
Algorithma

Declaration :
X= Andri
W=Perempuan
M=Laki laki
Proses
Begin;
Write;
Saya adalah X;
If X != M then
write;
jika Saya tidak bisa pemograman Saya adalah W;
else;
Saya adalah M;
End;
 Nah begitulah contoh algorithma. Kok bisa ya nanti juga akan didalami. Jika Kamu udah bisa Algorithma, maka akan gampang kok mempelajari bahasa Pemograman.

BACA JUGA : ARTIKEL HACKER DAN CRACKER

2. MATEMATIKA

Loh, kok tidak ke bahasa pemograman langsung? Menurut Saya, bahasa pemograman itu dapat di kuasai kalau Kamu mau ber otodidak untuk mempelajarinya. Karena di kampus pun pasti cuma dasarnya saja yang dipelajari. Pemogram yang baik pasti akan gampang menyelesaikan masalah jika mahir dalam matematika. Disini bukan mahir dalam tanda kutip luar biasa dalam tanda kutip pintar atau semacamnya. Syaratnya cuma harus bisa. ya pertambahan, pengurangan, pembagian dan perkalian harus sangat matang disini. Jika matematika saja  sudah dipandang "Wah, sangat sulit" Maka jangan pernah masuk ke TI. Karena bagaimana pun, awal dari logika itu berada di matematika.

3. BAHASA PEMOGRAMAN

Nah, ini baru disebutin hehe. Bahasa Pemograman bagi anak informatika itu ya sudah menjadi sebuah makanan sehari sehari. Yap, jika Kamu ingin masuk ke Informatika harus mempelajari salah satu bahasa tersebut. Seperti, Pascal, C dan segerombolannya, Php, Phyton, Basic, Dot Net, dan jika disebutkan masih banyak sih. Tapi cukup satu saja. Kenapa cuma satu? Hanya mempelajari satu bahasa pemograman saja, Kamu sudah bisa berintegrasi ke bahasa lain. Karena pada umumnya sama sama structure dan algorithmanya. Jika Kamu sudah menguasi satu saja Bahasa pemograman, Kamu akan bisa lanjut ke bahasa lain dengan mudah.

Nah itulah beberapa  pelajaran yang mungkin jika Kamu akan masuk ke Perkuliahan dengan jurusan Informatika. Eit, jangan dulu pergi. Belum selesai kali. Baca sampai bawah yah. Beberapa dari Kamu yang mau masuk ke jurusan ini harus memiliki sifat - sifat berikut ini :

1. Tidak Putus Asa
2. Alot
3. Disiplin (Malas Juga Boleh asal Tahu Jam)
4. Religius(Agar tidak seperti Fir'aun)
5. Berusaha
6. Banyak cari tahu

Nah, itu deh semoga aja Kamu dapat menentukan pilihan. Karena jika pilihan dari awal yang Kamu tetapkan meragukan, pasti bakal mencelakakan di depan nanti. Kokohkan tujuan dari awal dan bentuk generasi muda masa depan lebih baik dari jaringan 4G LITE kali ini. hehe, Terimakasih :)

12 comments :

  1. memang rencana saya juga mau ngambil teknik informatika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Ya gan jika tekadmmu sudah bulat lanjutkan, Nanti kita bisa jadi partner :D

      Delete
  2. Semua Jurusan itu baik dan semuanya memiliki masa depan yang baik jika di jalani dengan fokus dan serius.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gitu deh gan. Harusnya jangan ngejudge yang enggak enggak dulu kan gan. Ya semuanya itu terganntung hoki hobi hok hoknya gan :)

      Delete
  3. Cakep,.,,,,, ane juga teknik informatika nihhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi Mas Irwiin. Kita kan Partner :d

      Delete
    2. hahahahahaha .... Patner??? sepertinya mencurigakan wkwkwkwk

      saran aja nih template nya mending ganti.. terus plug in FB nya ganggu

      Delete
    3. "Mungkin Maksud Anda : Plug In Google + " hehe iyah gan siap, ini Juga mau diganti kok. Lagi proses :D

      Delete
    4. Wkwkwkwk gak mabok Gan. cuma Menikmati :d

      Delete
  4. Jurusan yang saya impi2kan. Pengen jadi programmer.. Saya mau nanya nih, apa kita diajarkan semua bahasa pemrograman di jurusan ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tidak gan. Semua berawal dari satu bahasa [emograman. semua strukturenya sama. Jadi bisa di simpulkan mempelajari satu bahasa pemograman akan masuk ke bahasa pemograman lainnya.

      Delete

Penting Harap Dibaca sejenak :
1. Pengunjung yang baik itu selalu meninggalkan komentar baik
2. Pengunjung yang baik itu berkata sopan
3. Pengunjung yang baik itu Berkomentaar yang Membangun
4. Terima kasih telah membaca :D